Pages

Kumpulan Teka Teki Logika dan Jawabannya (50 Soal)

Teka Teki

Semua teka teki yang saya tulis disini merupakan kumpulan pertanyaan dari yang telah saya terbitkan sebelumnya. Tujuan saya adalah untuk mempermudah Anda dalam mencari masing-masing pertanyaan yang pernah kami update, karena total teka-teki berkategori logika yang pernah kami terbitkan sejak 2015 sampai yang terbaru saat ini (2016), berjumlah 50 teka teki.
Catatan: Tunggu halaman selesai dimuat untuk dapat melihat jawaban!

Berikut 50 Teka Teki Logika Beserta Jawabannya

Seorang pilot ditanya oleh salah seorang calon penumpang so'al keberangkatan penerbangan dengan tujuan Amerika Serikat. Namun ternyata dia malah memberikan sebuah permainan teka teki.

Berikut jawaban pilot tersebut: Hari ini akan terasa jauh dari kamis. Karena kemarin harus dikurang satu, maka hari itu juga saya terbangkan pesawat ke Amerika.
Nah, hari apa yang dimaksud pilot tersebut?
Dahulu kala, tepat pada 31 Agustus 2015, kehebohan terjadi di rumah Nathalia, desa Mesothelioma kelurahan Tulung Agung. Niatnya, Nathalia ingin mengadakan pesta kecil-kecilan sebagai hari perayaan ulang tahunnya yang ke 24 itu.

Namun, sesuatu mengejutkan ketika salah seorang teman mengatakan bahwa dibelakang rumah pemilik acara tersebut terdapat mayat seorang pria tak dikenal. Pesta menjadi kacau, semua orang berlari mendekat untuk menyaksikan kondisi mayat itu.

Tak ada satupun yang ada dipesta mengenal jasad pria tersebut. Lalu, saat itu juga (jam 10 malam) kasus ini dilaporkan ke polsek setempat, dan dilanjutkan ke rumah sakit Lawyer Firm untuk di otopsi.

Seorang detektif profesional diturunkan untuk menyingkap siapa pelaku dibalik pembunuhan tragis ini. Pasalnya, tidak ada bekas tusukan benda tajam maupun benturan benda keras lainnya. Sehingga menciptakan beribu pertanyaan yang bisa saja ada faktor internal antar mereka. Dari hasil pemeriksaan tim dokter yang menangani itu, disimpulkan bahwa kematian korban tepat pada 14 jam yang lalu.

Akhirnya, detektif yang menangani itu berhasil mempersempit beberapa orang yang diduga sebagai tersangka. Berikut hasil interview mereka:
Paijem : "Aku lagi nonton TV pada saat kejadian, jadi gak tau apa-apa".
Tumini : "Kalau saya baru pulang dari Singapura, nyampek rumah baru kemarin sore"
Asbestos : "Seperti biasa, aku ngajar di sekolah sekitar jam tersebut"
Bejo : "Pada jam-jam tersebut aku gak ada dirumah, malah baru sekarang tahu ada pembunuhan disini"

Dari hasil investigasi tersebut, detektif dapat menarik kesimpulan, bahwa pelakunya adalah yang nomor 3, yaitu Asbestos.
Tahu kenapa?
Disuatu malam, saat udin sedang nonton TV, hp-nya berbunyi. Begitu dibuka, ternyata itu adalah SMS dari ceweknya. Begini isi sms tersebut:

"Baaaang, maaf ya, mulai dari sekarang, gak usah cari dedek lagi, kita PUTUZ..."

Si udin yang merasa tidak berbuat kesalahan apapun, spontan cemas dan langsung menelfon ceweknya itu:

"Halo beebh, salahnya abang apa, teganya ngajak putus tanpa ngasih penjelasan dulu".

"Duuh, maaf ya baang, tadi dedek salah kirim, maaaaaaaaf banget"

Udin berfikir sejenak, lalu berkata.

"Gak perlu minta maaf, sekarang kita benar-benar putus".

"Looh, kan tadi cuma salah kirim, masa marah?".
Mengapa hanya karna salah kirim sms membuat Udin sangat marah?
Icha adalah salah seorang siswi yang lugu, cepat menangkap informasi tapi sayangnya dia pelupa. Suatu hari, ia dan teman-temannya mendapat tugas membuat akun e-mail. Karena dia tidak bisa membuat email, akhirnya meminta bantuan ke penjaga warnet untuk dibuatkan.

Tujuh hari kemudian, semua siswa siswi mendapat tugas lagi, kali ini mereka diminta membuat beberapa pantun tentang politik, lalu mengirimkannya ke email pak guru.

Pantun sudah selesai dibuat, tapi ternyata Icha lupa password untuk login ke e-mail. Karna saat ini dia tidak sedang diwarnet, jadi dia perlu menelfon penjaga warnet untuk mengirimkan password sebelumnya.

Perbincangan Icha dengan penjaga warnet:
Icha: Hallo, saya Icha, yang kemarin minta tolong dibuatkan email
PW: Oh, iya, ada apa?
Icha: Bisa minta tolong, saya lupa passwordnya
PW: Oke, kebetulan saya masih ingat. Tunggu sebentar..

"2 menit kemudian"

PW: Wah, tadi kamu berapa kali masukin password yang salah?. Akun sementara terblokir dan password kamu berubah.
Icha: Berkali-kali, saya coba login pake HP. Trus gimana dong? apa perlu buat akun baru?

"30 detik kemudian"

PW: Gak papa, sekarang sudah bisa lagi. Tapi yang sekarang password kamu berbeda. Password yang sekarang sangat mirip dengan yang sebelumnya, masih terdiri dari 7 karakter, 4 konsonan dan 3 vokal.
Icha: Sip, sekarang saya sudah bisa login lagi. Terimakasih..
PW: Loh kok bisa tau, saya kan belum ngasih tau?
Ada lima rumah, masing-masing memiliki warna cat yang berbeda. Setiap rumah hanya dihuni oleh satu orang saja dengan kebangsaaan yang berbeda-beda.
Uniknya, setiap penghuni rumah hanya menyukai jenis minuman tertentu, mereka semua adalah perokok dengan merk rokok yang berbeda-beda serta memelihara satu jenis hewan tertentu.

Catatan: Tak satupun dari kelima orang tersebut meminum air yang sama, merk rokok juga tidak ada yang sama, serta hanya memelihara satu jenis hewan tertentu yang beda dari setiap penghuni rumah.

Keterangan
Orang Inggris tinggal di dalam rumah berwarna merah.
Orang Swedia memelihara anjing.
Orang Denmark senang minum teh.
Rumah berwarna hijau terletak tepat disebelah kiri rumah berwarna putih.
Penghuni rumah berwarna hijau senang minum kopi.
Orang yang merokok PallMall memelihara burung.
Penghuni rumah yang terletak di tengah-tengah senang minum susu.
Penghuni rumah berwarna kuning merokok Dunhill.
Orang Norwegia tinggal dirumah paling pertama.
Orang yang merokok Marlboro tinggal disebelah orang yang memelihara kucing.
Orang yang memelihara kuda tinggal disebelah orang yang merokok Dunhill.
Orang yang merokok Winfield senang minum bir.
Disebelah rumah berwarna biru tinggal orang Norwegia.
Orang Jerman merokok Rothmans.
Orang yang merokok Marlboro bertetangga dengan orang yang minum air.

Yang ditanyakan: Siapa yang pelihara IKAN?
Seorang penasihat kerajaan terbukti bersalah oleh kasus yang sangat berat. Raja sangat marah, namun tidak sanggup menghukum penasihat itu lantaran jasanya yang sudah sangat besar untuk kerajaan.

Untuk mengambil jalan tengahnya, raja menyuruh penasihat itu mengatakan sesuatu. Jika apa yang dikatakan penasihat adalah benar, maka hukuman seumur hidup yang akan diberlakukan. Tapi jika ternyata salah, maka hukuman tembak mati yang akan diturunkan.

Akan tetapi, setelah penasihat itu mengatakan sesuatu, Raja langsung bingung dan tidak bisa menghukum dengan kedua cara yang telah disepakati sebelumnya.

Memangnya, apa yang dikatakan penasihat kerajaan itu?
Sistem komputer sekolah A baru-baru ini mendapat serangan hacker, banyak data penting yang hilang. Pihak sekolah telah mempersempit kelompok yang dijadikan sebagai tersangka untuk 5 orang yang berada di laboratorium komputer: Boby, Eko, Jarwo, Slamet, dan Budi.

Masing-masing dari mereka memberi tiga pernyataan, dua di antaranya adalah benar dan yang satu bisa benar dan bisa palsu.

Boby
1. Saya tidak melakukannya!
2. Saya tidak pernah meng-hack dalam hidup saya.
3. Slamet yang melakukannya.

Jarwo
1. Sumpah, saya tidak melakukannya!
2. Saya tidak kenal budi sebelumnya.
3. Pelakunya pasti Slamet.

Budi
1. Saya tidak melakukannya!
2. Eko adalah pelakunya.
3. Jarwo adalah teman saya.

Eko
1. Bukan saya pelakunya!
2. Serangan itu dilakukan dari dalam jaringan.
3. Saya benci Budi.

Slamet
1. Saya tidak melakukannya!
2. Budi adalah pelakunya.
3. Boby berbohong ketika ia berkata aku yang melakukannya.

Keterangan yang mereka keluarkan nyaris sama. Bisakah Anda menemukan pelaku sesungguhnya?
Di malam yang gelap, Beni duduk di meja belajarnya sendirian. Orangtuanya telah terbang sebelumnya ke luarkota lantaran kakeknya sakit keras. Dia tidak ikut dan memilih sendirian karena dia perlu belajar untuk ujian besok.

Saat sedang belajar, dia mendengar suara aneh dan keluar dari kamarnya untuk melihat. Tiba-tiba, tanpa ada peringatan, ia di sergap oleh penyusup dari belakang.

Dia mencoba melepaskan diri, tapi tidak berdaya, karna orang itu sangat besar.
'Beri aku semua uang Anda!' teriak pria yang menyambar dari belakang.
Beni menangis 'tinggalkan aku ... tidak ada sesuatu di rumah'

Tiba-tiba telepon berdering. "kring.... kring... kring...."

Penyusup meminta Beni mengangkat telepon itu agar tidak ada yang curiga.
"Ingat, jangan gugup dan jangan beri tanda-tanda bahwa saya ada disini. Paham?"
"Okke baik" Jawab Beni dengan tenang

"Halo, ini ayah, dirumah baik-baik aja kan"
"Iya ayah, Ben baik-baik aja kok, pokoknya ayah gak usah khawatir, Ben udah gede lagi"
"Beni, jangan lupa belajarnya, biar jadi anak yang pintar dan bisa naik kelas"
"Pasti dong ayah, Beni akan berjuang sekuat tenaga"
"Ohya, ayah dan ibu akan pulang besok, karna nenek minta kami untuk menginap"

"Itu bijaksana, kamu tidak membocorkan apa yang terjadi sekarang" kata penyusup.
"Sekarang DIMANA UANGNYA DISIMPAN!" teriaknya.

"Ini ... itu ... di kamar ayah saya. Ruang pertama di sebelah kanan. Laci ketiga, "kata Beni.

"Perlihatkan pada saya!" kata pria itu, dan melepas cengkeraman tangannya dari leher Beni. Dia berjalan perlahan-lahan, menuju kamar ayahnya. Tiba-tiba, mereka mendengar sirene polisi. Penyusup spontan panik dan memilih jendela untuk meloncat dan kabur.

Beni berlari keluar untuk menyaksikan penyusup telah dikawal polisi kedalam mobil.

Bagaimana mungkin polisi tahu ada penyusup dirumah beni, siapa yang melaporkannya?
Seorang seniman membuat ukiran kata-kata di pagar rumahnya. Ada perbedaan ekspresi ketika dibaca pada kondisi tertentu.

Jika kalimat dibaca saat sedang sedih, akan menimbulkan kesenangan, kebahagiaan. Namun jika dibaca pas lagi bahagia, akan menimbulkan rasa sedih, kecemasan dan ketakutan.

Ukiran apa yang ditulis seniman itu?
Anda terbangun dari tidur pada pukul 7 pagi oleh suara ketukan pintu kamar Anda. Terdengar suara ibu Anda memanggil, "sarapan_nya sudah siap le, ini ibu bawain bungkusan martabak, roti selai, sama nasi kotak".

Dengan beberapa menu makanan itu, apa yang pertama kali Anda buka?
Seorang murid kelas 6 SD dikasih uang jajan oleh ibunya sebesar tiga ribu rupiah. Lalu uang itu dipakai untuk beli jajan Rp.1000.

Jika Anda di asumsikan sebagai penjual, berapa uang yang akan Anda kembalikan?
Di sebuah Hotel, seorang pria terbangun dari tidur karena mendengar suara ketukan pintu di kamarnya. Tanpa menunggu lama, pria tersebut membuka kunci pintu kamarnya dan melihat ada orang asing diluar.

Spontan orang asing itu terkejut dan berkata "Maaf, ternyata saya salah, saya pikir ini adalah kamar saya." Orang asing itu kemudian berjalan meninggalkannya. Pria itu menutup pintu lalu menelepon keamanan Hotel untuk segera menangkap orang asing yang baru saja mendatanginya.

Yang menjadi pertanyaan:
Mengapa pria itu meminta keamanan untuk menangkap orang asing itu? Apa yang membuatnya curiga?
Di tengah musim dingin, terdengar keributan dari rumah salah satu warga. Rumah tersebut hanya dihuni oleh sepasang suami istri yang belum dikaruniai anak.

Beberapa jam kemudian, warga datang untuk melihat apa yang terjadi. Namun terlambat, wanita tersebut sudah lebih dulu tewas dengan beberapa luka bekas tusukan di perut dan leher dikamarnya.

Saat diselidiki, sang suami/ pembunuh tersebut masih berada di tempat kejadian dan tidak sedang memegang benda tajam, juga tidak ditemukan ada benda tajam bahkan tidak ada sama sekali benda keras dikamarnya, karena tempat tidur yang mereka gunakan hanya beralaskan kasur tebal yang empuk.

Karna penasaran, warga mulai mencari dibagian luar kamar, namun ternyata juga tidak ada benda tajam yang ditemukan. Pembunuh tersebut tidak mau mengakui dengan apa ia menusuk istrinya hingga tewas.

Dari kronologis ini, dapatkah Anda menebak alat apa yang digunakan pembunuh?
Seorang pengacara memiliki saudara sebagai imam masjid. Pengacara tersebut ingin menjadi seorang imam juga tapi ternyata tidak diperbolehkan. Kenapa tidak boleh?
Jika diperlukan waktu satu menit untuk merebus satu telur, berapa waktu yang diperlukan untuk merebus sepuluh telur?
Coba Anda pecahkan teka teki berikut dengan logis dan tanpa mengintip jawaban. Dapatkah Anda menjawabnya? Jika tidak tahu, boleh melihat jawabannya

Kalau naik pasti keatas
Kalau turun pasti kebawah
Kalau maju pasti kedepan
Kalau mundur pasti kebelakang
Kalau masuk pasti kedalam
Kalau keluar?
Kemarin seorang teman bicara padaku. Ia berkata "Aku memiliki sembilan putra (anak laki-laki) dan masing-masing memiliki satu saudara kandung perempuan." Jadi secara total, ada berapa anak teman saya itu?
Suatu hari, Tono kedatangan 3 orang tamu, yang mana ketiganya adalah teman lama Tono yang tinggal di kota sebelah. Karena saking lamanya tidak berjumpa, mereka saling bercerita tentang kehidupannya masing-masing dan berbagi pengalaman setelah tidak lagi tinggal bersama-sama.

Tono memiliki tebak-tebakan yang akan ditunjukkan ke tiga temannya itu, yakni: Yoga, Joko dan Roni. Permainannya begini:

Tono mempunyai 5 buah topi, 3 topi berwarna hitam dan 2 topi berwarna merah. Ketiga temannya disuruh berdiri berbaris dari depan ke belakang. Yang paling depan (Roni), kemudian dibelakangnya (Joko), dan yang paling belakang adalah (Yoga).

Sebelum dimulai, ketiga teman tono ditutup matanya dan dipasangkan topi ke kepala mereka masing-masing. Setelah topi terpasang, tutup mata dibuka dan posisinya menjadi seperti ilustrasi dibawah ini:
Yoga bisa melihat topi Joko dan Roni
Joko hanya bisa melihat topi Roni
Roni tidak bisa melihat topi siapapun
Ketiganya tidak bisa melihat warna topi yang mereka pakai sendiri.
Nah sekarang tantangannya adalah mereka (Yoga, Joko dan Roni) diminta untuk menebak warna topi yang dipakai sendiri. Pertanyaan dimulai dari belakang, yaitu Yoga. Ketika ditanya, Yoga menjawab tidak tahu.

Kemudian giliran Joko, dan jawabannya juga tidak tahu.

Tono merasa bangga karena kedua teman yang memiliki potensi terbesar untuk bisa menjawab ternyata tidak bisa. Sekarang, Roni pasti juga tidak bisa menjawab "kata tono sambil senyum2".

Ketika Roni ditanya apa warna topi yang dipakainya, ternyata dia malah tahu, padahal dia ada di urutan paling depan dan tidak bisa melihat warna topi yang ada dibelakangnya.

Jawaban Roni: Warna topi saya HITAM

Bagaimana Roni tahu bahwa topi yang dipakai berwarna hitam tanpa melihat?
Ceritanya saya sedang ada disebuah rumah kosong. Disana tidak ada apa-apa, tidak ada orang lain, tidak ada binatang dan juga tidak ada tanaman.
Dari gambaran keadaan yang seperti itu, bisakah Anda menebak, Sekarang saya sedang apa?
Seorang pria masuk ke sebuah ruangan yang gelap. Disana terdapat sebuah kotak di atas meja dan segera setelah mendekat, orang itu langsung tahu tentang sesuatu yang ada didalam kotak.

Dia tidak bisa mencium, melihat, meraba atau mendengar isi kotak itu. Lantas, bagaimana dia bisa tahu apa yang ada dalam kotak tersebut?
Sebuah kisah dari keluarga yang tinggal di rumah lingkaran tepi sungai. Suatu hari mereka pergi berlibur dan meninggalkan anak kecil mereka di dalam rumah. Setelah mereka kembali, mereka menemukan anaknya telah meninggal dunia. Dugaan sementara, ada tiga tersangka, yaitu: Pembantu, Satpam, dan koki.

Saat diintrogasi, sang pembantu mengaku sedang membersihkan setiap sudut rumah, satpam mengklaim sedang mengawasi luar halaman rumah, dan koki bilang bahwa dirinya sedang tidak ada ditempat kejadian.
Siapa yang membunuh anak kecil itu?
Drakula adalah vampir penghisap darah. Ketika berkeliaran mencari mangsa, drakula tersebut langsung tewas ditempat hanya gara-gara jam_nya rusak.
Bagaimana ini bisa terjadi?
Seorang wanita datang ke rumah sakit untuk prosedur rutin. Dokter memeriksa sebentar dan meninggalkan ruangan. Sebelum pergi, ia mengunci pintu dan meninggalkan wanita itu sendirian di ruangan.

Beberapa saat kemudian, Dokter datang kembali ke ruangan pasien dan melihat wanita itu telah meninggal. Akan tetapi, ada orang lain di dalam ruangan dengan keadaan pintu masih terkunci.
Bagaimana ini bisa terjadi dan siapakah orang itu?
Dalam sebuah kebun binatang, hiduplah beberapa jenis hewan langka yang dirawat dan dikembang biakkan agar tidak punah. Bahkan, setiap hewan yang ada disana memiliki nama masing-masing.

Hewan-hewan tersebut meliputi:
Badak Jawa, Badak Sumatera, Kanguru, Pesut Mahakam, Macan Tutul Jawa, Kura-kura Hutan Sulawesi, Elang Flores, Rusa Bawean, Tokhtor Sumatera, Katak Merah, Jalak Bali, Celepuk Siau, Burung Kacamata Sangihe, Gagak Banggai, Tarsius Siau, Beruk Mentawai, Gajah Sumatera, Orangutan Sumatera, Simakobu, Kakatua Kecil Jambul Kuning, Burung Trulek Jawa, Kodok Sumatera, Kodok Pohon Ungaran, Ekidna Moncong Panjang Barat dan Kuskus Beruang Talaud.

Sayangnya, untuk Badak Jawa benar-benar nyaris punah dan hanya tersisa satu badak jawa betina di kebun binatang tersebut. Pengelola kebun mencoba untuk membuat program kawin silang untuk badak jawa dengan badak sumatera dan ternyata berhasil. Kini bayi badak tersebut sudah terlahir normal dan menggemaskan.

Sebenarnya mereka sudah membuat nama dan sepakat untuk menggunakan nama itu pada sang bayi. Akan tetapi, karena proses perkawinan induknya yang tidak wajar, mereka jadi ragu untuk menggunakan nama yang itu. Untung ini adalah bayi badak pertama yang lahir dari perkawinan silang dikebun binatang tersebut, sehingga dapat meningkatkan kepopuleran kebun binatang itu sendiri.

Pertanyaan:
Apa nama lengkap untuk sang bayi??
Kamu adalah adikku, tapi aku bukan saudara kamu.
Siapakah aku?
Seorang pria bernama Kasino lahir pada 20 Desember 1978, namun hari ulang tahunnya adalah selama musim panas tahun ini.
Bagaimana ini bisa terjadi?
Suatu ketika, segerombolan perampok mendatangi sebuah toko emas dan mengancam seorang penjaga.
PR: Cepat berikan kode pengaman untuk membuka kotak uang ini, atau kamu akan mati!!
PN: Saya tidak tahu..
PR: Jangan bohong, kamu seorang penjaga toko ini, pasti tahu.
PN: Iya, tapi saya hanya berjaga dan saya gak tahu kode-kodenya, sumpah!!

Dari percakapan ini, dapatkah Anda mencari tahu bahwa sipenjaga benar-benar tidak tahu atau berbohong?
Pernahkah Anda memperhatikan bagian halaman dari sebuah koran? jika iya, coba pecahkan teka teki ini..
Sebuah koran seharusnya memiliki 60 halaman. Halaman 14 dan 21 ternyata hilang dari koran.
Bisakah Anda menebak bahwa kemungkinan ada halaman lain yang hilang juga..?
Ada sebuah pesta yang di khususkan untuk 50 politisi hebat. Kemungkinan dari mereka ada yang jujur dan ada juga yang pendusta. Anda bertugas dalam mengetahui dua hal:
Setidaknya salah satu dari mereka adalah jujur.
Jika Anda mengambil dua politisi, setidaknya salah satu dari mereka adalah pendusta.

Dari informasi ini, dapatkah Anda mencari tahu berapa banyak politisi yang pendusta dan berapa banyak politisi yang jujur?
Suatu hari terdengar perbincangan seru sekawanan hewan air dengan hewan darat. Kedengarannya, mereka saling klaim bahwa spesiesnya-lah yang paling unik. Mereka mengatakan bahwa hanya mereka yang memiliki nama unik, karena nama mereka hanya terdiri dari satu huruf saja.

Kemudian dari kejauhan, datanglah sosok misterius yang ternyata tidak mau kalah dengan dua binatang itu. Ia berkata "sesungguhnya, hanya kami yang paling hebat, hanya kami yang paling unik dan hanya kami yang paling kuat".

Karena selain nama kami terdiri dari satu huruf saja, kami juga tidak pernah takut tinggal di air maupun di darat dengan waktu yang sangat lama. Kami juga tidak pernah takut dengan musuh, tidak seperti kalian bukan?

Siapakah mereka ?
Suatu hari, Sigit bersama enam rekannya berjalan kaki menuju pasar malam untuk mencoba peruntungan dalam permainan disana. Mulai dari lempar gelang, menebak angka pada bola gelinding dan beberapa jenis permainan lainya. Hadiah yang mereka dapatkan juga bermacam-macam, seperti: shampo, sabun, korek gas, minyak goreng, rokok dan kompor minyak.

Setelah larut malam, angin kencang pertanda akan datangnya hujan mulai terasa. Orang-orang banyak yang langsung bubar dan pulang, termasuk si Sigit dan keenam temannya yang ada dalam cerita ini.

Karena takut kehujanan, mereka sepakat iyuran untuk dibelikan satu buah payung dan langsung mereka gunakan saat itu juga.

Saat itu, posisi Sigit berada ditengah, kemudian yang empat berada di kanan dan kiri selanjutnya yang dua berada di depan dan belakang. Tentu saja harus berdesak-desakan dan tidak jarang salah satunya ada yang berada diluar payung dan berpotensi kehujanan.

Namun sungguh sial, ternyata setelah mereka sampai pada jalur sempit (jalan pintas) tiba-tiba lampu mendadak padam dan seketika keadaan menjadi sangat gelap dan sunyi. Peristiwa ini juga dibarengi dengan hembusan angin yang perlahan mengeceil dan semakin pelan.

Tentu saja sangat gelap mengingat jalan itu tidak ada yang melewati saat itu selain Sigit dan keenam temannya itu. Lagipula, saat berangkat mereka tidak ada yang membawa senter dan sesuatu lainnya yang bisa digunakan untuk menerangi jalanan mereka.

Namun ada kejadian yang cukup mengerikan dan penuh tanda tanya, karena tanpa menunggu lama tiba-tiba ada cahaya yang tidak begitu terang namun cukup untuk mengantarkan mereka pulang dengan selamat.

Cahaya tersebut selalu mengikuti langkah mereka, namun jika mereka berjalan lebih kencang atau bahkan berlari, maka cahaya itu akan menghilang dan akan muncul lagi setelah berjalan pelan. Seperti ada sesuatu yang menginginkan mereka untuk tidak terburu-buru.

Keanehan ini belum terhenti sepenuhnya, sebab setibanya mereka ditempat tinggal mereka (kontrakan) mereka lagi-lagi dikejutkan oleh kejadian aneh. Apakah itu? entah karena saking takutnya atau apa, tanpa disadari mereka ternyata tidak kejatuhan air hujan sama sekali dan kondisi tubuhnya justru dibasahi oleh keringatnya sendiri.

Mereka semua berfikir bahwa ada seseorang dari dunia lain yang mencoba membantunya, seperti menerangi jalanan mereka dan menjaga tubuh mereka dari air hujan.

Ini adalah pengalaman yang mengerikan sekaligus mengesankan bagi mereka dan suatu saat bisa menjadi cerita yang diposting di teka-teki.com

Mari bantu pecahkan beberapa pertanyaan ini dengan jawaban yang logis dan menggunakan alasan yang lengkap.

Pertanyaan:
Siapa yang menerangi jalanan mereka dan dengan apa ia melakukannya?
Mengapa mereka bisa tidak kehujanan dan benarkah mereka dibantu oleh mahluk lain seperti hantu atau jin?
Dua satpam bertugas mengamankan sebuah bar di salah satu kota. Mereka ditugaskan berjaga diluar bar, yang satu menghadap di utara untuk mengawasi sesuatu yang mencurigakan dari arah jalanan dan yang satunya berjarak 10 meter mengawasi penjahat yang datang dari arah selatan. Saat itu keduanya tidak membawa handphone atau alat komunikasi lainnya ditangan.

Tak lama kemudian, salah satu satpam bertanya kepada satpam lainnya, "mengapa kamu tersenyum?"
Bagaimana dia bisa tahu kalau satpam itu sedang tersenyum ?
Aku adalah sang petualang, berjalan mengelilingi nusantara setiap hari. Saat pagi, aku bergerak ke arah barat dan istirahat setelah siang. Tapi setelah sore hari, aku balik lagi ke timur.
Siapa saya? Yang pasti, saya bukan matahari, trus apa dong?
Karena cerutu harganya terbilang mahal, seorang gelandangan harus berjuang mengumpulkan puntung cerutu yang dibuang oleh orang lain setiap hari agar bisa menikmati rokok cerutu.

Hasil pungutannya tersebut nantinya akan disambung hingga berubah menjadi cerutu yang bisa dirokok. Untuk menciptakan satu batang rokok cerutu, ia membutuhkan 5 puntung cerutu.

Hari ini, ia telah mengumpulkan 25 puntung cerutu, dan dilanjutkan pencariannya hari esok.
Berapa banyak cerutu yang dapat ia hisap hari ini..? Yang pasti jawabannya bukan 5, trus apa dong?
Belakangan ini awak media dan netizen dihebohkan oleh adanya kasus pembunuhan seorang wanita cantik (18) yang diketahui berprofesi sebagai model majalah dewasa.

Belum ada keterangan pasti dari pihak kepolisian saat ini mengenai siapa pelaku dan apa motifnya sampai tega menyetubuhi dan berakhir pembunuhan tragis.

"Kami masih terus mencari tahu dengan menghubungi kerabat dan teman-teman serta siapa saja yang terakhir kali berkomunikasi dengannya." Ujar Komjen Buwas saat diwawancarai tim teka-teki.

Sulastri, cewek cantik dan seksi yang karirnya harus berakhir disaat sedang populer ini dikenal sebagai wanita baik dan bisa menjaga kehormatannya meski profesinya yang terkenal panas dan hot.

Menurut keterangan dari salah seorang warga, Sulastri sebelumnya sempat diajak kencan oleh seorang pria bernama Paimin. Akan tetapi, sulastri menolaknya dengan nada sedikit kasar lantaran pria tersebut mengajaknya dengan nada memaksa.

"Kemarin-sih ada pria muda datang kerumah lastri dengan membawa motor besar dalam keadaan mabuk berat dan mengajak lastri jalan-jalan, tapi Lastrinya gak mau dan cowok tersebut terus memaksanya." Ungkap Sulaiman, tetangga Sulastri.

Jayadi, ayah korban sempat mengamuk dan tidak terima atas perlakuan yang menimpa putri semata wayangnya, dia juga menjelaskan kepada media bahwa putrinya adalah orang baik dan jarang banget mau diajak pergi sama laki-laki, terlebih malam hari.

"Kebetulan pas kejadian itu saya bersama istri saya pergi keluar kota untuk menyelesiakan urusan kerja, dan ketika mau pulang dapat kabar kalau anak saya sudah pergi selama-lamanya." Tambahnya.

Beberapa tuduhan juga sempat mengarah kepada pedagang roti keliling langganan Sulastri. Hal itu berdasar pengakuan teman dekat lastri yang rumahnya berdekatan dengannya.

"Kemarin saya lihat pedagang roti langganan kami bertingkah aneh dan tak biasa saat lewat tepat didepan rumah lastri, padahal dia bawak rotinya sambil dipikul, tapi kenapa kok jalannya cepet gitu kayak sedang terburu-buru, saya jadi curiga." Tutur Slamet, teman lastri.

Beberapa hari kemudian, Kepala kepolisian menanggapinya dengan tegas dan lantang. "Kami sangat serius dalam menangani kasus ini. Jika seorang tukang roti terbukti bersalah, kami akan memprosesnya berdasarkan hukum yang berlaku."

Beberapa artis, termasuk salah satunya (Aye Tang-Tang) berkomentar. Saya berduka, kita semua berduka, mari berdo'a sama-sama semoga pelaku mendapat hukuman yang setimpal dan semoga orang tuanya beserta keluarga diberi ketabahan menghadapi cobaan ini. Amin..
-END-

Dari contoh teks berita diatas, dapatkah Anda mencari tahu siapa pelakunya..?
Ketika bertiga, aku sering di colek.
Ketika berempat, aku suka kepasar.
Ketika berlima, aku merasa jadi lebih muda.
Ketika berenam, aku jadi apa..?
Suatu ketika di desa suka malas, penjual sayur keliling (sebut saja paijo) berhenti di depan rumah salah satu pelanggan tetapnya.

Tak lama kemudian datanglah dua ibu muda yang hendak membeli.
Biasa, yang namanya ibu-ibu ketika kumpul pasti ada yang di omongin.

Ibu Muda 1 bertanya:
Kang, tadi malam nonton bola kan? skor indonesia lawan malaysia berapa?

Ketika paijo ingin menjawab pertanyaan Ibu Muda 1, langsung dipotong oleh Ibu muda ke 2

Ibu Muda 2 bertanya: "Kacang panjang satu ikat-nya berapa Kang?"

Bagaimana cara paijo menjawab satu kali saja untuk pertanyaan dari kedua Ibu Muda tersebut?
Semakin maju semakin berat, semakin mundur semakin ringan. Apakah aku ini..?
Keterangan:
* Berhubungan dengan krisis yang sedang dialami sebagian besar masyarakat pedesaan.
* Anda pasti pernah mengkonsumsi hasil darinya
* Anak kecil berumur kurang dari 7 tahun biasanya tidak kuat mengangkat benda ini
Ada rumah kaca. Di dalam rumah kaca ada rumah putih. Di dalam rumah putih ada rumah merah. Di dalam rumah merah ada banyak bayi. Apakah itu?
Ada anak katak yang ingin menyebrangi sungai dengan panjang sungai 7 meter. Namun sayangnya anak katak tersebut hanya bisa melompat sepanjang 25 cm saja dalam satukali lompatan. Sedangkan jika lewat darat (tepian sungai) memerlukan waktu yang sangat lama dan itu sepertinya tidak mungkin dilakukan.

Berapa kali lompatan yang harus dilakukan anak katak tersebut agar bisa melewati sungai dengan selamat.
Jika Seorang dosen memiliki 4 orang anak bernama jono, joni, janu, dan jina. Istri yang cantik juga setia menemaninya dari keempat anaknya itu bernama jeny. Hampir setiap hari sang istri bersama keempat anaknya itu menghabiskan waktunya bersama-sama dirumah ketika malam tiba.
Siapakah nama sang suami ??
Pada suatu hari terjadi kecelakaan besar disalah satu penerbangan Australia - Indonesia. Pesawat milik Negara tersebut jatuh dihutan yang sangat jauh dari penduduk. Lokasinya yang terbilang angker serta jalan bertebing naik turun membuat suasana semakin mengerikan.

Area tersebut tidak memungkinkan seseorang dapat melewatinya dengan menggunakan kendaraan besar seperti mobil dan sebagainya. Akhirnya TIM penyelamat hanya bisa masuk berjalan kaki hingga beberapa kilo dari jalan besar dengan hanya membawa beberapa peralatan medis serta alat penerang seadanya.

Malam yang kelap serta keadaan yang kacau membuat semua TIM seolah pikun. Jauh-jauh mereka datang rupanya tidak membawa senter maupun lampu CAS modern, yang mereka bawa hanya lilin dan obor. Itupun juga sangat terbatas, yakni lilin hanya satu lusin dan obor satu saja. Sungguh kacau..

Solusi Anda.
Disaat seperti itu, mana yang harusnya dinyalakan lebih dulu agar pencarian dapat berlanjut..?
Setelah kita berpuasa sekitar 30hari lamanya,. tibalah saatnya berpesta ria dengan penuh jajanan didalam rumah kita. Nah sekarang coba tebak, jajanan apa yang rasanya enak tapi bagian tengahnya malah gak ada rasanya?
Pada saat itu (12 Januari 1990) malam, lewatlah sebuah katak dari arah barat menuju timur dengan jarak tempuh 24 km.
Karena kecapean katak tersebut harus istirahat setiap 1km sekali selama 1jam. Sehari semalam sikatak mampu berjalan sepanjang 2km. Setelah sampai tujuan, katak itu lompat ke dalam sumur dengan kedalaman 25 meter.
Siang hari, sikatak berhasil memanjat naik setinggi 8 meter, tetapi saat malam hari katak tersebut terperosot lagi 6 meter, begitu terjadi terus menerus setiap harinya.
Berapa hari lamanya katak itu berusaha keluar dari dalam sumur sampai berhasil jika setelah itu harus pulang lagi ke barat dengan perjalanan sama persis saat berangkat ketimur..?
Pak dadang memiliki usaha ternak kambing yang baru dikelola. Saat ini ia telah memiliki 12 ekor kambing jantan dan 25 kambing betina. Tiba-tiba semua kambing pak dadang terserang penyakit cukup parah. hingga pada akhirnya ia harus merelakan 4 kambingnya dikubur.
Berapa sisa kambing pak dadang yang masih hidup setelah di kali 2 ..?
Ada Lima pembalap Moto GP yang saling adu cepat. Perlawanan yang sangat sengit dan cukup seimbang. Sesaat sebelum detik-detik mencapai garis finish, berikut posisi sementara antar kelima pembalap profesional itu: Miller berhasil melewati Hernandez tetapi tidak pernah dapat mengejar Rossi. Sedangkan Marquez gagal mengejar Lorenzo, tetapi berhasil menyalip Rossi.
Pembalap mana yang berada di urutan nomor 2?
Ada seorang kakek-kakek tua berjalan sempoyongan di atas pasir setinggi 10 CM. Beberapa saat kemudian, ia menoleh kebelakang. Betapa terkejutnya ia setelah mengetahui bahwa tidak ada bekas kakinya diatas pasir.
Mengapa bisa tidak ada bekas kaki, apa sebabnya?
Saya merupakan satu-satunya mahluk teraneh di Negara ini. Jika akan menghadiri acara resmi, saya selalu datang terlambat. Itu bukan karena saya tidak bisa berjalan dengan cepat, tapi karena ada sesuatu hal yang pasti membuat saya tidak bisa langsung pergi seperti halnya yang dilakukan oleh teman-teman saya.
Siapakah saya?
Apa penyebabnya?
Telur ayam kalau sudah menetas menghasilkan anak ayam. Anak ayam yang sudah tumbuh besar dapat kawin dan akhirnya bertelur.
Sekarang pertanyaannya, duluan Mana, Telurnya apa Ayamnya ..?
Apa kata yang hanya terdiri dari 4 huruf, kadang bisa memiliki 6 huruf, namun mustahil dapat memiliki 8 huruf?
Profile Admin

Teka-Teki.Com

Punya TEKA TEKI yang belum terjawab? Tanyakan disini sekarang. Jawaban akan diposting di situs ini.

2 KOMENTAR

ahmad mirzadun delete Tuesday, 26 September, 2017

Soal ke dua salah om,,
14 jam sebelum jam 10:00 malam tgl 31, itu masih tgl 31 jam 08:00.
kalau jam 08:00 tgl 30, harusnya mundur 26 jam.
coba cek aja deh om. mundur 12 jam aja berarti jam 10:00 malam mundur sampe jam 10:00 siang, itu masih satu tgl om.

Sigit Purnomo delete Friday, 20 October, 2017

Oh agan benar, berarti kami salah, hehe thanks sudah di koreksi. Saya hitung lagi jadinya seperti ini:
01
02
03
04
05
06
07
08 // kejadian
09
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22 ^ hitung mundur 14x
23
24

Addition Code